7 Game Online yang Sukses Besar tapi Gak Laku di Indonesia Karena Berbayar?

Meskipun berhasil meraih kesuksesan & popularitas di luar negeri, ke 7 game terbaik ini malah nggak laku pada Indonesia. Kok bisa?

Hadirnya teknologi internet menciptakan industri game kian berkembang pesat. Game yg awalnya cuma mampu dimainkan secara singleplayer atau local multiplayer, kini mampu dimainkan secara online.

Nggak mau ketinggalan, Indonesia pula menjadi keliru satu penyumbang terbesar online gamer pada semua dunia. Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap game terus meningkat tiap tahunnya.

Banyak banget game online yg laku anggun pada Indonesia. Sebut saja DOTA dua, Apex Legends, GTA Online, Minecraft, & masih poly lagi.

DAFTAR ISI

  • Game Online yang Sukses Besar akan tetapi Nggak Laku di Indonesia
    • Tom Clancy's Rainbow Six: Siege
    • World of Warcraft
    • Hearthstone: Heroes of Warcraft
    • Overwatch
    • Fortnite
    • PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS
    • Rocket League

7 Game Online yang Sukses Besar tapi Nggak Laku di Indonesia

Dari sekian poly game online yang masuk ke Indonesia, nggak semuanya mempunyai nasib yg seberuntung game-game di atas.

Terdapat beberapa game online aneka macam aliran yg laku anggun pada luar negeri, namun mempunyai jumlah pemain yg sedikit banget di Indonesia.

Dalam artikel ini, Jaka sudah merangkum 7 game online yang sukses akbar pada luar negeri namun nggak laris pada Indonesia. Check it out!

1. Tom Clancy's Rainbow Six: Siege

1 6c479

Tom Clancy's Rainbow Six: Siege adalah game FPS ber-genre tactical shooter yg dirilis sang Ubisoft Entertainment.

Nggak sekedar membunuh musuh, kamu diharuskan menyusun taktik yg ampuh buat mengalahkan musuhmu. Namanya juga game tactical, geng.

Meskipun laku keras, game ini mempunyai jumlah pemain yang sedikit pada Indonesia. Marketing yang kurang total sepertinya menciptakan game ini nggak begitu laku pada Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Detail Tom Clancy's Rainbow Six: Siege
Developer Ubisoft
Publisher Ubisoft
Platform PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows
Tanggal Rilis 1 Desember 2015
Genre Action, FPS
Harga Rp229.000,- (Steam)

dua. World of Warcraft

2 A4dd0

World of Warcraft adalah salah satu game MMORPG paling legendaris yang pernah ada. Game yg dirilis sang Blizzard tahun 2004 ini masih dicintai oleh penggemarnya sampai kini .

15 tahun setelah perilisannya, World of Warcraft masih mendominasi aliran MMORPG di Amerika Serikat & Eropa. Sayangnya, pada Indonesia sedikit banget yang main, geng.

Harga langganan yg sangat mahal serta nir adanya server Battle.Net di Indonesia membuat game ini kalah pamor sama game serupa kala itu, Ragnarok Online.

Detail World of Warcraft
Developer Blizzard
Publisher Blizzard
Platform Microsoft Windows, macOS
Tanggal Rilis 23 November 2004
Genre MMORPG
Harga Rp211.000 per 30 hari (Battle.Net)

3. Hearthstone: Heroes of Warcraft

3 9ce8a

Kalau kamu suka berpikir, kamu harus nyobain game Hearthstone: Heroes of Warcraft, geng. Game kartu ber-genre strategi ini juga dibuat sang Blizzard.

Hearthstone: Heroes of Warcraft sangat laku di luar negeri, bahkan game ini dipertandingkan di kompetisi eSports internasional, lho.

Sayangnya, game satu ini gagal menembus pasar Indonesia. Sepertinya, sih, lantaran orang Indonesia lebih senang game battle royale yang penuh aksi.

Detail Hearthstone: Heroes of Warcraft
Developer Blizzard
Publisher Blizzard
Platform Microsoft Windows, macOS, Android, iOS
Tanggal Rilis 11 Maret 2014
Genre Card Game, Strategy

4. Overwatch

4 3786d

Overwatch adalah game ber-aliran FPS yang cukup unik. Pasalnya, game ini menggabungkan elemen tembak-tembakan FPS dengan aliran MOBA.

Game satu ini baru saja hijrah ke Nintendo Switch saking banyaknya penggemar di platform tadi. Game satu ini jua dipertandingkan di kompetisi eSports dunia.

Game satu ini nggak laris lantaran memiliki harga yg relatif tinggi. Lagipula, terdapat game serupa bernama Paladins yg sanggup dimainkan secara perdeo melalui Steam.

Detail Overwatch
Developer Blizzard
Publisher Blizzard
Platform Microsoft Windows, PlayStation 4, XBOX ONE, Nintendo Switch
Tanggal Rilis 24 Mei 2016
Genre FPS
Harga Rp280.000 (Battle.Net)

5. Fortnite

5 Ea920

Fortnite merupakan salah satu game online ber-aliran battle royale yg terpopuler di dunia, terutama di region Amerika Utara dan Eropa.

Game satu ini mengusung tema yg cukup unik menggunakan grafik yg menarik. Saking populernya, game ini memiliki pertandingan piala dunianya sendiri, geng.

Sayangnya, gameplay yang ribet buat pemula dan nggak terdapat server yg dedicated untuk region Asia bikin game ini nggak laku pada Indonesia.

Detail Fortnite
Developer Epic Games
Publisher Epic Games
Platform Microsoft Windows, macOS, PlayStation 4, XBOX ONE, Nintendo Switch, iOS, Android
Tanggal Rilis 25 Juli 2017
Genre Battle-Royale

6. PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS

6 3a9e8

Siapa yang sangka kalau game battle royale angka satu di dunia, yakni PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS sanggup masuk ke daftar ini?

Memang, sih, versi mobile game ini laku keras pada Indonesia, bahkan menjadi fenomenal. Sayangnya, PUBG pada platform lainnya malah nggak mempunyai basis pemain yg besar di Indonesia.

Game yang berbayar, gameplay yg lebih sulit dari versi mobile, serta membutuhkan spek PC yg mumpuni sebagai alasan kenapa game ini nggak begitu laku pada Indonesia.

Detail PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS
Developer PUBG Corporation
Publisher PUBG Corporation
Platform Microsoft Windows, PlayStation 4, XBOX ONE, iOS, Android
Tanggal Rilis 23 Maret 2017
Genre Battle-Royale
Harga Rp219.999 (Steam)

7. Rocket League

7 231cc

Rocket League merupakan game yg cukup unik, geng. Dalam game multiplayer ini, kamu bakal bermain sepakbola memakai mobil.

Keunikan game satu ini membuat poly orang di luar negeri tertarik. Sayangnya, game ini nggak begitu populer pada Indonesia, geng.

Alasannya masih seperti-mirip menggunakan game lainnya. Kamu perlu mengeluarkan uang buat dapat memainkan game satu ini. Orang Indonesia memang sukanya yang perdeo-gratis, sih.

Detail Rocket League
Developer Psyonix, Inc.
Publisher Psyonix, Inc.
Platform Microsoft Windows, macOS, Nintendo Switch, PlayStation 4, XBOX ONE, iOS, Android
Tanggal Rilis 7 Juli 2015
Genre Soccer
Harga Rp135.999 (Steam)

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka tentang game online yg sukses banget tapi nggak laku pada Indonesia. Menurut engkau , kenapa game-game tersebut nggak laku , geng?

Tulis jawabanmu bersama alasannya adalah pada kolom komentar yah!

5 Game Android Keren Yang Disembunyikan Oleh PLAYSTORE!

Comments

Popular posts from this blog

7 Kartu Pokemon yang Paling Overpowered Menang Dalam Sekejap!

7 Anime dengan Animasi Paling Memukau Gak Ada dari Ghibli!

10 Emulator Android Paling Ringan & Cepat untuk PC/Laptop