7 Fitur Tersembunyi Android 10

HP engkau sudah menjalankan OS Android 10? Mending simak beberapa fitur tersembunyi Android 10 yang sayang untuk kamu lewatkan ini dia.

Setelah sebelumnya diperkenalkan dalam gelaran acara Google I/O, versi final sistem operasi Android 10 akhirnya secara resmi dirilis pada 3 September 2019 lalu.

Membawa sejumlah fitur menarik dan pembaruan dalam hal keamanan dan privasi, kehadiran Android 10 tentu saja berhasil menarik perhatian para pengguna HP Android.

Meskipun kenyataannya sistem operasi Android terkini ini baru sanggup dinikmati sang segelintir merek dan tipe HP saja, termasuk HP Pixel besutan Google.

Tapi, engkau tahu nggak, sih, jikalau ternyata Android 10 jua memiliki sejumlah fitur tersembunyi yang sporadis diketahui banyak orang lho.

DAFTAR ISI

  • Fitur Tersembunyi Android 10Lebih
    • Focus Mode
    • Undo Aplikasi yang Terhapus
    • Battery Saver Scheduler
    • Smart Reply
    • Wi-Fi Sharing via QR Code
    • Personalized Ad Recommendation
    • Gesture Google Assistant

Fitur Tersembunyi Android 10Lebih

Serupa dengan iOS 13 yang menyimpan banyak sekali fitur tersembunyi, sistem operasi besutan Google satu ini jua rupanya menawarkan hal yang sama.

Lalu, apa saja, sih, fitur-fitur tersembunyi yg ditawarkan sang Android 10 ini? Yuk, simak artikel selengkapnya ini dia!

1. Focus Mode

Focus Mode Android Authority 14cf1Sumber foto: Android Authority

Sesuai menggunakan namanya, Focus Mode merupakan fitur yg memungkinkan pengguna buat menonaktifkan ad interim pelaksanaan eksklusif untuk menjaga supaya penggunanya sanggup tetap penekanan.

Merupakan bagian menurut layanan Digital Wellbeing yang belakangan ini tengah sebagai penekanan Google, fitur Focus Mode cocok banget buat engkau yg suka kecolongan main media umum waktu ketika kerja nih, geng.

Nantinya ketika fitur ini telah diaktifkan, maka ikon pelaksanaan-pelaksanaan yang sudah engkau pilih sebelumnya akan berubah menjadi rona abu-abu dan akan timbul warning waktu engkau mencoba membukanya.

Tak hanya itu, notifikasi dari aplikasi-pelaksanaan tersebut pula nir akan timbul hingga kamu menonaktifkan fitur ini.

Untuk memakai fitur Focus Mode, engkau hanya perlu pergi ke aplikasi Settings > Digital Wellbeing & Parental Control > Focus Mode.

dua. Undo Aplikasi yang Terhapus

Undo App Remove 1d8ea Sumber foto: fossbytes

Nggak sengaja menghapus aplikasi penting yang ada di HP kamu? Kini berkat pembaruan yang ditawarkan pada Android 10 hal itu nggak lagi jadi kasus akbar, geng.

Lho kok gitu? Iya, soalnya Android 10 menunjukkan fitur "Undo" aplikasi yg nggak sengaja terhapus menurut page home screen, geng.

Nantinya saat kamu nggak sengaja menghapus pelaksanaan yg ada di laman home screen, maka akan terdapat opsi Undo yang ada pada bagian bawah layar.

Tapi, perlu diingat bahwa fitur ini cuma mampu berfungsi waktu kamu nggak sengaja menghapus pelaksanaan berdasarkan page home screen, bukan pelaksanaan Settings.

3. Battery Saver Scheduler

Battery Saver Scheduler Fossbytes 27421Sumber foto: fossbytes

Menjadi salah satu komponen penting yg bisa menghidupkan perangkat smartphone, Google rupanya turut menghadirkan fitur rahasia di sektor ini lewat pembaruan Android 10 besutannya.

Fitur tadi adalah Battery Saver Scheduler yang memungkinkan pengguna buat mengaktifkan mode battery saver alias penghemat daya sesuai menggunakan jadwal yang telah diatur sebelumnya.

Misalnya saja, engkau mampu mengatur agar fitur ini aktif di jam umumnya baterai HP mulai menipis. Dengan begitu, maka kamu bisa lebih mengontrol pemakaian baterai setiap waktunya.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa pulang ke pelaksanaan Settings > Battery > Battery Saver > Set a Schedule.

4. Smart Reply

Smart Reply Smartponsel Fefa7Sumber foto: smartponsel

Lagi sibuk banget sampai nggak sempet balas chat pacar? Mungkin fitur Smart Reply ini sanggup membantu agar komunikasi kamu menggunakan si doi tetap terjaga, geng.

Sejauh ini Smart Reply digadang-gadang sebagai keliru satu fitur baru terbaik yg dihadirkan Google lewat pembaruan Android 10.

Fitur Smart Reply sendiri memungkinakn engkau buat membalas chat menggunakan cepat menggunakan respon yg disarankan.

Respon-respon tersebut dibentuk menggunakan machine learning pada mana berkat teknologi ini perangkat HP akan menilik respon seperti apa yg paling sering kamu kirim, atau yg biasanya engkau kirimkan di situasi tertentu.

Sebenarnya fitur ini sendiri sudah pernah tersedia sebelumnya, namun hanya buat pelaksanaan-aplikasi protesis Google saja.

5. Wi-Fi Sharing via QR Code

Wi Fi Sharing Via QR Code 9to5Google 67e15 Sumber foto: 9to5Google

Bagi pengguna HP Xiaomi ataupun HUAWEI, mungkin kamu telah nggak asing lagi menggunakan fitur satu ini, ya, geng?

Menawarkan fungsi yg cukup bermanfaat, Google akhirnya mengadopsi fitur Wi-Fi sharing via QR Code ini pada pembaruan Android 10 mereka.

Fitur ini sendiri memungkinkan kamu buat membuatkan password Wi-Fi yg sedang digunakan pada orang lain atau sebaliknya hanya dengan memindai kode QR.

Dengan begitu, engkau nggak perlu lagi mengetik password Wi-Fi secara manual yang tentunya memakan ketika lebih lama daripada sekadar memindai kode QR.

6. Personalized Ad Recommendation

Personalized Ad Recommendation Pcmag E9189Sumber foto: PCMag

Salah satu pembaruan pada hal privasi yg dibawa sang Android 10 merupakan soal perlindungan data pengguna yg dipakai sang pihak advertising buat menampilkan iklan, geng.

Untuk memastikan bahwa aplikasi nir akan menggunakan data kamu buat menampilkan iklan, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur bernama Personalized Ad Recommendation yg tersedia di Android 10.

Saat fitur ini diaktifkan, kamu akan permanen mendapat sejumlah iklan hanya saja nir menurut warta data langsung kamu.

Fitur ini sanggup diaktifkan melalui aplikasi Settings > Privacy > Advanced > Ads.

7. Gesture Google Assistant

Google Assistant Androidauthority E774eSumber foto: Android Authority

Tak bisa dipungkiri jikalau kehadiran layanan Google Assistant dalam HP Android tentunya sangat membantu sekali bagi penggunanya, tapi tidak sporadis juga fitur ini muncul secara datang-tiba sehingga sangat mengganggu.

Selain menggunakan perintah bunyi "Ok, Google", sekarang pembaruan Android 10 juga menunjukkan navigasi gesture baru buat dapat mengakses Google Assistant.

Kamu hanya perlu melakukan swipe berdasarkan 2 sudut pojok bawah layar ke arah dalam sampai layanan Google Assistant aktif.

Namun, karena metode aktivasi Google Assistant ini acapkali tidak disadari sang penggunanya, maka Google akhirnya menambahkan "handle" pada kedua sudut bawah layar.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa fitur tersembunyi Android 10 yang sayang buat kamu lewatkan begitu saja, geng.

Menurut engkau fitur tersembunyi Andorid 10 mana, sih, yang paling menarik & layak dicoba? Tulis jawabannya di kolom komentar bawah, ya!

WAJIB COBA! 10 Trik Fitur Rahasia Android Yang Disembunyikan 🔥Android Secret

Comments

Popular posts from this blog

7 Kartu Pokemon yang Paling Overpowered Menang Dalam Sekejap!

7 Anime dengan Animasi Paling Memukau Gak Ada dari Ghibli!

10 Emulator Android Paling Ringan & Cepat untuk PC/Laptop