Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan Mudah

Laptop engkau seringkali mengalami blue screen yg sangat menganggu? Mending simak cara mengatasi blue screen Windows 10 berikut ini!

Buat engkau pengguna perangkat PC atau laptop niscaya telah nggak asing lagi dong menggunakan kondisi blue screen yang membuat PC datang-datang hang & layar berubah menjadi biru?

Eror ini sering muncul secara tiba-tiba sehingga menciptakan penggunanya nggak memiliki saat buat menyimpan data terlebih dahulu.

Hal ini tentunya sebagai sebuah kasus yang sangat mengganggu buat siapapun sehingga nggak sedikit orang yg mencari cara buat mengatasi masalah ini.

Tapi jangan risi, geng! Soalnya kali ini Jaka bakal kasih memahami engkau beberapa cara mengatasi blue screen Windows 10.

DAFTAR ISI

  • Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10
    • Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 dengan CMD
    • Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Tanpa Instal Ulang
    • Install Ulang Windows 10

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Sebenarnya terdapat beberapa cara yang mampu engkau lakukan untuk mengatasi blue screen Windows 10.

Oleh karena itu, di sini Jaka bakal membahas tentang caranya satu per satu. Yuk, eksklusif saja simak cara-caranya berikut ini!

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 menggunakan CMD

Bagi kamu yang masih umum menggunakan fitur-fitur pada perangkat PC mungkin mengatasi kasus blue screen Windows 10 ini akan sangat sulit buat dilakukan.

Untungnya, sistem operasi Windows dibekali sang sebuah aplikasi bernama command prompt atau biasa diklaim cmd.

Lewat perangkat lunak ini kamu mampu memakai perintah SFC Scannow yg berguna buat mengusut sekaligus memperbaiki file sistem yg rusak secara menyeluruh, termasuk kondisi blue screen.

Untuk melakukannya engkau sanggup ikuti langkah-langkah selengkapnya berdasarkan Jaka berikut adalah.

Langkah 1- Cari software CMD

  • Pertama-tama, kamu ketikkan "cmd" pada kolom pencarian Windows 10.

  • Setelah itu, klik kanan pada software command prompt dan pilih opsi "Run as administrator". Jika ada ventilasi User Account Control, engkau pilih tombol "Yes".

Langkah Satu Cara Mengatasi B0746

Langkah dua - Ketik perintah SFC Scannow

  • Langkah selanjutnya, engkau ketikkan perintah sfc/scannow untuk mulai melakukan pengecekan kerusakan yg mungkin terdapat dalam Windows 10. Lalu, tekan tombol Enter dalam keyboard.

  • Setelah itu, maka proses pengecekan akan berjalan.

Langkah DUA Cara Mengatasi Df33e

Langkah tiga - Restart PC atau laptop

Tapi, jikalau ternyata laptop engkau masih mengalami blue screen mungkin engkau sanggup coba cara lainnya pada bawah ini.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Tanpa Instal Ulang

Buat engkau yg malas menginstal ulang Windows, ada lho beberapa cara cara lain buat mengatasi blue screen Windows 10 Asus, Acer, maupu Lenovo tanpa instal ulang.

Penasaran mau tahu gimana caranya? Berikut adalah beberapa cara yang sanggup kamu lakukan buat mengatasinya.

Bersihkan RAM PC atau Laptop

Membersihkan Ram A1a9a

Percaya atau nggak, pada poly perkara blue screen yang terjadi pada perangkat PC ataupun laptop sebagian akbar ditimbulkan sang adanya kasus pada RAM.

RAM memang menjadi keliru satu komponen yg mudah mengalami eror terutama jika umur pemakaiannya telah lama .

RAM sendiri merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi buat membaca, menyimpan data ad interim, dan banyak sekali instruksi program.

Oleh karena itu, perannya yg sangat krusial tersebut menciptakan penggunanya wajib turut memperhatikan kebersihan menurut RAM itu sendiri.

Cara buat membersihkannya pun sangat mudah sekali, engkau hanya perlu menggosok bagian logam kuning RAM memakai penghapus.

Tapi, bila laptop masih mengalami blue screen meskipun komponen RAM telah dibersihkan, maka solusi akhirnya merupakan kamu wajib menggantinya menggunakan RAM baru.

Berhenti Overclocking PC

Overclocking 082f7

Buat engkau yg ngaku anak PC pasti sudah memahami dong menggunakan kata overclock yang mengacu kepada cara buat membuat suatu perangkat bisa berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi?

Meskipun mampu membuat kinerja PC lebih tinggi berdasarkan umumnya, akan tetapi overclock berisiko mengakibatkan perangkat sistem menjadi nggak stabil hingga rusaknya komponen PC.

Bukan nggak mungkin jikalau hal itu jua menciptakan laptop engkau mengalami blue screen lho, geng. Biasanya kode yg ada dalam perkara ini yaitu CLOCK-WATCHDOG-TIMEOUT.

Oleh karena itu buat mengatasi perkara blue screen, kamu sanggup coba berhenti melakukan overclocking pada laptop atau PC.

Overclocking sendiri sebenarnya sah-sah saja asalkan jangan hingga memaksakan clockspeed melewati limit yg sanggup engkau perkirakan.

Instal Ulang Driver VGA

Driver Vga 71ddd

Selain kasus RAM, driver VGA jua seringkali menciptakan PC atau laptop menggunakan sistem operasi Windows 10 mengalami blue screen.

Hanya saja, pada kasus ini umumnya terjadi karena ditimbulkan oleh kasus kompatibilitas atau penginstallan driver VGA yang gagal atau belum berhasil.

Masalah blue screen yang disebabkan sang kesalahan VGA sendiri umumnya ditandai dengan kode eror misalnya VIDEO_TDR-ERROR, VIDEO-DRIVER-INIT-FAILURE, VIDEO_SCHEDULER-INTERNAL_ERROR, & lain-lain.

Untuk mengatasi blue screen dengan kode eror semacam ini kamu bisa coba hapus driver VGA lama lewat Safe Mode lalu instal pulang driver VGA.

Buat engkau yang nggak tahu mengenai cara buat masuk ke Safe Mode Windows 10, kamu mampu baca artikel Jaka tentang cara masuk Safe Mode Windows 10.

Selain itu, kamu pula bisa melakukan update driver VGA ke versi yang paling baru, geng.

Install Ulang Windows 10

Install Ulang Windows 10 4e323

apabila cara-cara di atas masih belum sanggup mengatasi blue screen Windows 10, solusi terakhir yg sanggup kamu coba merupakan dengan menginstall ulang windows 10 di PC atau laptop.

Meskipun cara ini sedikit lebih rumit terutama buat kamu yg belum pernah melakukannya, tapi artikel Jaka mengenai cara install ulang Windows 10 mungkin sanggup membantu kamu buat melakukan setiap langkah-langkahnya.

Install ulang OS sepertinya menjadi cara digdaya mengatasi blue screen Windows 10 yang sanggup engkau lakukan saat sudah nggak terdapat cara lain buat memperbaikinya nih, geng.

Akhir Kata

Nah, itu tersebut beberapa cara yg bisa kamu lakukan buat mengatasi kasus blue screen di perangkat PC atau laptop menggunakan OS Windows 10.

Tapi, kalau cara-cara di atas masih belum mampu mengatasi kasus blue screen, maka cara lain terakhir yang wajib engkau lakukan adalah membawanya ke tempat servis, geng.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Comments

Popular posts from this blog

7 Kartu Pokemon yang Paling Overpowered Menang Dalam Sekejap!

7 Anime dengan Animasi Paling Memukau Gak Ada dari Ghibli!

10 Emulator Android Paling Ringan & Cepat untuk PC/Laptop