7 Anime yang Terinspirasi dari Kisah Nyata Banyak dari Studio Ghibli!

Ternyata enggak seluruh anime itu asal menurut imajinasi pembuatnya, geng! Banyak anime yg terinspirasi menurut kisah nyata, apa saja?

Anime populer karena fantasinya yg nir akan pernah terjadi di dunia konkret. Sampai kapanpun kita nir akan memiliki mata Sharingan atau melontarkan Kamehameha.

Hal itu membuat kita percaya jika anime hanya dari dari khayalan kreatornya. Eits, ternyata banyak loh anime yg terinspirasi berdasarkan kisah nyata.

Kali ini, Jaka akan kasih kamu beberapa daftar anime yang terinspirasi menurut kisah konkret, poly yg dari Studio Ghibli!

DAFTAR ISI

  • Anime Terinspirasi Kisah Nyata
    • Steins;Gate
    • Welcome to the N.H.K. (NHK ni Youkoso!)
    • Bakuman
    • Anime Terinspirasi Kisah Nyata Lainnya . . .

Anime Terinspirasi Kisah Nyata

Sebenarnya, banyak anime yg mengambil pandangan baru menurut sejarah yang jelas. Sebut saja anime klasik The Rose of Versailles atau Barefoot Gen.

Anime-anime yang ada pada bawah ini nir terbatas dari ide kisah konkret yg mempunyai nilai historis. Ada juga menurut insiden sehari-hari atau informasi yang menghebohkan.

Dilansir berdasarkan berbagai asal, inilah daftar animenya!

1. Steins;Gate

Anime Terinspirasi Kisah Nyata 1 16d73Sumber foto: WSWS

Kamu pernah ingat enggak pada tahun 2000, ada seorang pria bernama John Titor mengaku bahwa dirinya merupakan seseorang time traveler yg dari berdasarkan tahun 2036?

Kemunculannya tersebut membuat gempar lantaran beliau memberi peringatan akan terjadinya perang nuklir yang semakin dekat. Tentu saja poly yg nir percaya dengannya.

Siapa yg menyangka insiden ini sebagai inspirasi galat satu anime terbaik sepanjang masa, Steins;Gate.

Anime ini menggunakan kisah John Titor menjadi jalan utama cerita. Bedanya, perjalanan waktu yang dilakukan oleh tokoh utama sahih-benar terjadi!

Detail Steins;Gate
Rating 9.12 (712.645)
Jumlah Episode 24 Episode
Tanggal Rilis 6 April 2011
Studio White Fox
Genre Thriller, Sci-Fi

dua. Welcome to the N.H.K. (NHK ni Youkoso!)

Anime Terinspirasi Kisah Nyata 2 Cfe2fSumber foto: Nefarious Reviews

Kamu penggemar teori konspirasi? Jika iya, engkau niscaya senang dengan anime yg berjudul Welcome to the N.H.K. Ini.

Plot ceritanya berputar tentang teori konspirasi tentang jaringan televisi NHK Jepang yg dituduh sedang menjalankan misi rahasia.

Teori tadi mengungkapkan bahwa NHK sebenarnya ingin menciptakan rakyat sebagai hikikomori atau individu yang menyendiri & menarik diri menurut dunia.

Anime ini terasa konkret karena oleh penulis cerita Tatsuhiko Takimoto adalah seorang hikikomori. Ia membuatkan kisahnya sendiri supaya diketahui sang orang lain.

Detail Welcome to the N.H.K.
Rating 8.36 (217.252)
Jumlah Episode 24 Episode
Tanggal Rilis 10 Juli 2006
Studio Gonzo
Genre Comedy, Psychological, Drama, Romance

3. Bakuman

Anime Terinspirasi Kisah Nyata 3 4721b Sumber foto: US Anime Direct

Bakuman adalah galat satu anime komedi ringan yang mendeskripsikan kehidupan 2 remaja pria. Mereka bercita-cita buat menjadi seniman manga.

Manga mereka diterbitkan di majalah Jepang yg disebut Weekly Shonen Jump. Karena majalah tadi benar-benar terdapat di global nyata, poly judul manga asli yg dirujuk oleh anime ini.

Lantas, dari mana kisah nyatanya? Pembuat serial ini, Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata merupakan author berdasarkan Death Note.

Kisah Bakuman mereka buat menurut pengalaman mereka dalam membuat Death Note! Selama ini mereka mendokumentasikan proses pembuatannya & akhirnya menjadi judul manga baru.

Detail Bakuman
Rating 8.29 (195.610)
Jumlah Episode 25 Episode
Tanggal Rilis dua Oktober 2010
Studio J.C. Staff
Genre Comedy, Drama, Romance, Shounen

Anime Terinspirasi Kisah Nyata Lainnya . . .

4. Tokyo Magnitude 8.0

Anime Terinspirasi Kisah Nyata 4 9faf2Sumber foto: Anime-Planet

Bagaimana apabila sebuah anime justru berhasil menciptakan prediksi bala alam yg akan terjadi dalam beberapa tahun mendatang?

Itulah yang terjadi dalam Tokyo Magnitude 8.0. Anime ini rilis dalam tahun 2009 & bercerita mengenai gempa 8,0 skala richter yang mengguncang Jepang dalam tahun 2012.

Pengambilan pandangan baru ini sebenarnya hal yang biasa mengingat gempa sangat identik menggunakan Jepang. Yang mengerikan, di tahun 2011 sahih-sahih terjadi gempa dengan kekuatan 9,0 skala richter!

Serial anime ini jua melakukan banyak penelitian seputar gempa & melakukan wawancara kepada orang-orang yang pernah terkena imbas gempa bumi.

Detail Tokyo Magnitude 8.0
Rating 8.12 (81.426)
Jumlah Episode 11 Episode
Tanggal Rilis 10 Juli 2009
Studio Bones, Kinema Citrus
Genre Drama

lima. Mawaru Penguindrum

Anime Terinspirasi Kisah Nyata 5 43cf3Sumber foto: World Without Horizons

Melihat banyaknya penguin yang timbul, pasti engkau tidak menyangka bahwa anime Mawaru Penguindrum terinspirasi berdasarkan kisah nyata.

Anime ini menggunakan serangan teror tahun 1995 di Tokyo menjadi latar belakang cerita. Ketika itu, terdapat satu gerombolan yang menyerang beberapa jalur kereta bawah tanah Tokyo memakai gas sarin.

Kejadian tersebut menciptakan belasan orang tewas dan ribuan orang terluka. Anime ini bercerita bagaimana agresi tersebut memengaruhi anak-anak, terutama sang karakter primer.

Di anime ini pula diceritakan tentang bagaimana dua orang saudara wajib menemukan barang bernama Penguindrum buat menyelamatkan saudara perempuannya yang sakit parah.

Detail Mawaru Penguindrum
Rating 8.01 (80.695)
Jumlah Episode 24 Episode
Tanggal Rilis 8 Juli 2011
Studio Brain's Base
Genre Mystery, Comedy, Dementia, Psychological, Drama

6. My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro)

Anime Terinspirasi Kisah Nyata 6 56edbSumber foto: SCMP

Salah satu studio anime terbesar, Studio Ghibli, terkenal karena sering menyisipkan kisah konkret dalam anime-animenya. Salah satunya adalah My Neighbor Totoro.

Protagonis dari anime ini diceritakan mempunyai seorang bunda yg menderita TBC walau tak pernah dinyatakan secara eksplisit.

Fakta ini mencerminkan kehidupan orisinil dari penulis sekaligus produser film ini, Hayao Miyazaki. Ibunya pula menderita penyakit yang sama ketika ia masih mini .

Miyazaki menentukan anak wanita menjadi tokoh utama lantaran baginya anak laki-laki akan mengingatkan masa kecilnya sendiri.

Secara keseluruhan, film ini memang mengeksplorasi kematian menurut sudut pandang seorang anak.

Detail My Neighbor Totoro
Rating 8.42 (323.765)
Durasi 1 jam 26 mnt
Tanggal Rilis 16 April 1988
Studio Studio Ghibli
Genre Adventure, Comedy, Supernatural

7. Grave of the Fireflies (Hotaru no Haka)

Anime Terinspirasi Kisah Nyata 7 51ecbSumber foto: The Portland Press Herald

Anime terakhir yang terdapat di daftar ini adalah Grave of the Fireflies. Anime ini dibentuk menurut semi-autobiografi yg dibentuk sang Akiyuki Nosaka.

Cerita anime movie terbaik ini dibentuk oleh Nosaka sebagai permohonan maafnya pada adik perempuannya yang wajib mangkat lantaran kekurangan gizi akibat perang.

Anime ini menceritakan balik insiden-insiden terkait pengeboman di Kobe dalam tahun 1945 yg jua merenggut mak berdasarkan dua orang anak. Mereka berdua harus berjuang buat bertahan hidup.

Film dari Studio Ghibli ini dijamin akan menguras emosi habis-habisan. Penggambaran sejarah bagaimana Jepang menderita akibat perang berhasil ditunjukkan menggunakan baik.

Roger Ebert, seorang kritikus film, berpendapat bahwa anime ini menjadi salah satu film mengenai perang terbaik yg pernah beliau tonton.

Detail Grave of the Fireflies
Rating 8.53 (184.579)
Durasi 1 jam 28 menit
Tanggal Rilis 16 April 1988
Studio Studio Ghibli
Genre Drama, Historical

Akhir Kata

Daftar pada atas menunjukkan bahwa anime nir hanya menyuguhkan fantasi dan hal-hal berbau magic buat penontonnya.

Banyak sekali anime yang dibentuk dari kisah nyata & sejarah yg sahih-benar terjadi. Ada yg diimplementasikan secara penuh, ada jua yg secara parsial.

Apa terdapat anime lain yg belum Jaka sebutkan? Tulis pada kolom komentar, ya!

5 KARTUN YANG FENOMENAL !!!!!!

Comments

Popular posts from this blog

7 Kartu Pokemon yang Paling Overpowered Menang Dalam Sekejap!

7 Anime dengan Animasi Paling Memukau Gak Ada dari Ghibli!

10 Emulator Android Paling Ringan & Cepat untuk PC/Laptop