7 Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata

Menawarkan cerita seram yang bikin penonton ketakutan, ternyata film-film horor Indonesia berikut ini diangkat berdasarkan kisah konkret lho.

Film yang diangkat berdasarkan kisah nyata memang selalu menarik buat ditonton. Pasalnya menggunakan begitu kita bukan hanya mengetahui ceritanya saja, tapi juga gambaran visualnya.

>Apalagi kalo film tadi mengangkat tema horor yang selalu mampu menarik minat para penontonnya.

Bukan hanya film horor Hollywood, film horor Indonesia juga rupanya banyak yg diangkat menurut kisah nyata lho.

Mau memahami apa saja film horor Indonesia yang diangkat menurut kisah nyata? Yuk, cari tahu jawabannya lewat artikel selengkapnya berikut ini!

DAFTAR ISI

  • Film Horor Indonesia Berdasarkan Kisah Nyata
    • Keluarga Tak Kasat Mata (2017)
    • Rumah Kentang (2012)
    • Ruqyah: The Exorcism (2017)
    • Hantu Jeruk Purut (2007)
    • Mata Batin (2017)
    • KM 97 (2013)
    • Danur (2017)

Film Horor Indonesia Berdasarkan Kisah Nyata

Meskipun nggak jarang film dengan label kisah nyata memiliki cerita yg tidak sinkron menggunakan aslinya, tapi hal itu nggak lantas menciptakan film jenis ini sepi pendaftar.

Masih banyak penonton yang penasaran dengan citra tentang bagaimana kisah itu terjadi, apalagi film menggunakan genre horor.

Nah, berikut adalah beberapa film horor Indonesia yang diangkat menurut kisah nyata.

1. Keluarga Tak Kasat Mata (2017)

Keluarga Tak Kasat Mata 2017 F2bdf

Diproduksi sang Max Pictures pada tahun 2017 kemudian, film Keluarga Tak Kasat Mata rupanya diangkat menurut kisah konkret yg dialami sang seseorang laki-laki bernama Bonaventura Genta.

Genta & rekan-rekan kerjanya mengaku pernah mengalami hal-hal mistis di kantor mereka yang merupakan bangunan baru di wilayah Yogyakarta.

Kejadian-peristiwa di luar logika pun acapkali mereka alami hingga akhirnya mereka mencari pertolongan buat memecahkan rahasia tersebut.

Cerita mistis ini kemudian dia tulis di lembaga Kaskus & seketika sebagai viral hingga sempat dibukukan sebelum akhirnya diangkat ke layar lebar.

Agar cerita filmnya nggak melenceng dari apa yang dia tulis, Genta pun akhirnya terlibat aktif sejak awal proses pembuatan film Keluarga Tak Kasat Mata.

dua. Rumah Kentang (2012)

Rumah Kentang 2012 9ab52

Film horor Indonesia berikutnya yg diangkat berdasarkan kisah konkret yaitu Rumah Kentang yang dirilis dalam tahun 2012 silam.

Kabarnya, film Rumah Kentang diadaptasi berdasarkan kisah konkret yang pernah terjadi pada sebuah rumah di daerah Dharmawangsa yg kemudian dijadikan lokasi syuting film ini.

Menurut rakyat kurang lebih, pada tempat tinggal tersebut pernah terjadi kisah memilukan di mana terdapat seseorang anak mini yg terjatuh ke pada kuali yg sedang digunakan buat mengungkep kentang.

Sejak peristiwa itu, rumah tadi terkadang tercium aroma kentang & seringkali terdengar bunyi tangisan anak mini .

Film Rumah kentang sendiri bercerita mengenai dua orang gadis yatim piatu; Farah (Shandy Aulia) dan Rika (Tasya Kamila) yang acapkali dihantui oleh penghuni tempat tinggal tadi.

tiga. Ruqyah: The Exorcism (2017)

Ruqyah The Exorcism 2017 2680f

Digarap oleh sutradara Jose Poernomo yang telah relatif sering menghasilkan film-film horor, ternyata Ruqyah: The Exorcism merupakan film horor yang diangkat berdasarkan kisah nyata lho.

Menurut Jose, film ini diangkat menurut kisah konkret yg dialami temannya dalam tahun 2012 silam. Teman yang dimaksud tersebut digambarkan sebagai seseorang wartawan bernama Mahisa yang diperankan oleh Evan Sanders.

Pria tadi hingga tega menelantarkan istri & anak-anaknya karena tergiur menggunakan seseorang seniman wanita pendatang baru.

Seiring berjalannya ketika, perempuan tersebut pun jatuh cinta menggunakan oleh pria. Padahal tanpa diketahuinya, orang yg telah menggunakan mantra pemikat tidak boleh jatuh cinta menggunakan korbannya.

Dari situlah segala keanehan terjadi. Perempuan tersebut mengerang kesakitan dan bahkan lidahnya menjulur keluar melewati dagu setiap kali akan salat.

Sayangnya, kemunculan film ini pada bioskop tanah air justru menimbulkan konroversi tersendiri. Film Ruqyah menjadi galat satu film paling kontroversial bahkan sebelum perilisannya pada bioskop.

4. Hantu Jeruk Purut (2007)

Hantu Jeruk Purut 2007 B8180

Siapa, sih, yang nggak pernah dengar cerita seram yang tersebar luas seputar TPU Jeruk Purut? Dikenal memiliki sejumlah kisah mengerikan, kisah mistis ini pun kemudian pada angkat ke layar lebar menggunakan judul Hantu Jeruk Purut.

Film ini kabarnya terinspirasi menurut kisah konkret mengenai Pastur kepala buntung yg relatif populer pada sekitar TPU Jeruk Purut.

Menurut cerita yg tersebar, keliru seorang penjaga kubur pernah meilihat hantu Pastur ini menenteng kepalanya sendiri yg diikuti oleh seekor anjing.

Konon ceritanya, pastur yang sebenarnya dimakamkan di TPU Tanah Kusir unit Kristen ini "keliru pergi" dan malah nyasar ke TPU Jeruk Purut yang merupakan buat umat Muslim.

Saking bisa menarik minat para penonton tanah air, bahkan film ini pernah dibuatkan sekuelnya menggunakan judul Hantu Jeruk Purut Reborn yg dirilis pada tahun 2017.

lima. Mata Batin (2017)

Mata Batin 2017 2ec00

Bercerita tentang seorang kakak beradik yg tinggal di rumah menyeramkan yg jauh dari tengah kota, Mata Batin sebagai film berikutnya yang diangkat menurut kisah konkret, geng.

Rumah yg merupakan tempat tinggal mereka sewaktu kecil tadi rupanya menyimpan banyak rahasia dan kejanggalan-kejanggalan yang kerap kali terjadi.

Bukan cuma itu saja, sang adik yang diperankan oleh aktris Bianca Hello jua seringkali melihat makhluk-makhluk tak kasat mata pada rumah tadi.

Film Mata Batin sendiri relatif sukses di pasaran menggunakan meraih sebesar 1.2 juta penonton.

6. KM 97 (2013)

KM 97 2013 Fbbe6

Disutradari sang sutradara yang sama menggunakan film Ruqyah, Jose Poernomo rupanya pernah menyutradari film KM 97 yang juga diangkat berdasarkan kisah nyata.

Film ini kabarnya diangkat dari kisah misterius tentang hilangnya seseorang anak di KM 97 Tol Cipularang yang merupakan tol penghubung Bandung & Jakarta.

Menurut cerita yg tersebar, seseorang keluarga yang tengah berhenti pada kilometer ke-97 tidak menyadari bahwa anak kecil yang ikut dengan mereka bukanlah anak mereka "sungguhan".

Kabarnya anak tadi adalah arwah anak lain yang menyamar sebagai anak mereka & menimbulkan suasana mencekam. Serem banget, ya, geng?

7. Danur (2017)

Danur 2017 D1304

Sempat dituliskan ke pada sebuah kitab , film berjudul Danur ini merupakan kisah konkret yang dialami sang Risa Saraswati yg merupakan seseorang penulis kitab dengan kemampuan indigo.

Film Danur sendiri menampilkan bagaimana Risa bersahabat dan berkomunikasi dengan lima hantu Belanda yg adalah korban pembantaian zaman penjajahan Jepang.

Selain itu, terdapat juga sosok hantu seram bernama Asih (Shareeva Danish) yang sempat mengganggu ketentaraman hayati Risa & keluarganya.

Karakter Risa di film ini sendiri diperankan oleh Prilly Latuconsina yg sudah cukup acapkali membintangi sejumlah judul film, galat satunya film Matt & Mou.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa film horor Indonesia yang rupanya diangkat berdasarkan kisah nyata, geng.

Setelah kamu memahami mengenai liputan ini, engkau percaya nggak, sih, menggunakan apa yg diceritakan pada pada film-film pada atas? Share jawabannya di kolom komentar bawah, ya!

Nontonnya Bikin Merinding! 7 Film Horor Populer yang Diangkat dari Kisah Nyata

Comments

Popular posts from this blog

7 Kartu Pokemon yang Paling Overpowered Menang Dalam Sekejap!

7 Anime dengan Animasi Paling Memukau Gak Ada dari Ghibli!

10 Emulator Android Paling Ringan & Cepat untuk PC/Laptop